Thursday 30 March 2017

Pengertian, Pelaksanaan dan Lafadz Niat Shalat Sunat Safar

1.    Pengertian Shalat Sunat Safar 
     Shalat sunat safar ialah shalat sunat yang dilakukan ketika seseorang pulang sehabis melakukan perjalanan jauh, yaitu jarak perjalanan yang diperbolehkan untuk shalat jama dan qosor. (Baca Panduan Shalat Dhuha)

     Dalam pengertian lain Shalat Sunat Safar ialah shalat sunat yang dikerjakan karena bepergian. Diperbolehkannya shalat safar ialah diharapkan dalam perjalanan mendatangkan keberkahan, keamanan, keselamatan, dan tidak ada kendala apapun.


2.    Pelaksanaan Shalat Sunat Safar
     Shalat sunat safar dilakukan dua rokaat dan lebih utama dilaksanakan dimasjid sebelum orang itu masuk rumahnya, sebagimana hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Abdullah :


Artinya : “Dari muharib, ia mendengar dari Jabir bin Abdullah ia berkata “ Rasulullah telah memberi dariku seekor unta maka ketika beliau datang ke madinah beliau memerintahkan aku datang ke masjid kemudia aku sholat dua rakaat”. (Baca : Panduan Shalat Sunat Tasbih)

    Sebagian ulama mengatakan disunatkan pada rakaat pertama, setelah membaca surah al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surah al-Kafirun, kemudian pada rakaat kedua setelah membaca surathal-Fatihah dilanjutkan membaca surah al-Ikhlas.

     Setelah salam bacalah Ayat Kursi karena ada riwayat yang mengatakan bahwa  barang siapa membaca ayat kursisebelum keluar dari rumahny, maka tidak akan menimpanya sesuatu yang dibenci sehingga ia kembali.

3. Lafadz Niat Shalat Sunat Safar

 
Artinya : “ Aku niat Sholat sunat safar dua rokaat karena Allah”.
(Baca : Panduan Shalat Istikharoh)


Sumber : Buku Panduan Lengkap Shalat Sunnat Pondok Pesantren ALHUDA Kota Baru Karawang Jabar & Panduan 23 Sholat Sunat Disertai Do'a dab Dzikir

Artikel Terkait

No comments: