Sunday 6 August 2017

6 Alasan Mengapa Seseorang Memutuskan Tidak Berpacaran

Pada dasarnya didalam Islam tidak mengenail istilah pacaran. Tetapi tidak jarang dijaman sekarang ini banyak orang yang sudah jelas dia memiliki suatu ikatan atau hubungan selama bertahun-tahun tapi dia tidak mau disebut pacaran tetapi dia mau disebutnya taarufan. Sebenarnya apa itu pengertian taaruf?

Taaruf secara bahasa artinya adalah berkenalan atau saling mengenal. Arti taaruf berasal dari kata ta’aarafa.

Meskipun pengertian taaruf pada dasarnya sebatas perkenalan, namun pengertian taaruf secara spesifik adalah proses perkenalan antara laki-laki dan perempuan yang kemungkinan akan menjadi pasangan hidup. Arti taaruf dalam hal ini berkaitan dengan dua orang berlainan jenis yang ingin saling mengenal untuk melihat kecocokan sebelum menikah. ( Sumber abiumi.com)

Terkadang ada yang berasumsi bahwa tidak pacaran itu tidak laku, tetapi pada kenyataannya banyak sekali alasan mengapa seseorang memutuskan tidak berpacaran, berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang saya alami inilah beberapa alasan mengapa Seseorang Tidak Berpacaran :
1.    Taat Kepada Agama
Salah satu alasan mengapa seseorang memutuskan tidak berpacaran ialah karena ia taat kepada agamanya dan kepada Tuhannya. Karena ia tau Allah melarang umatnya untuk berpacaran seperti yang sudah dijelaskan didalam Al-qur’an Surat Al-Isra ayat 32 yang artinya :
“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk”

2.    Fokus ke Studynya
Alasan yang kedua mengapa seseorang memutuskan tidak berpacaran ialah karena dia ingin fokus ke studynya, karena dia takut kalau dia berpacaran maka prestasinya akan menurun, tugas-tugasnya akan terbengkalai, puas dan lain-lain.

3.    Fokus ke cita-cita, mimpi dan harapannya
Pada dasarnya setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang membutuhkan penyemangat dalam mencapai semua cita-citanya dalam hal ini (pasangan), tetapi ada juga yang membutuhkan penyemangat tetapi bukan dari pasangan melainkan dari orang-orang terdekat seperti sahabat dan orang tua.

4.    Mendambakan Pria Yang Perfeksionis
Pada dasarnya tidak ada satupun manusia yang sempurna, karena yang sempurna hanyalah milik Allah. Tetapi pada kasus ini yang dimaksud perfeksionis ialah sempurna dimatanya seperti ingin memiliki pasangan yang berasal dari keluarga yang baik, berpendidikan, cerdas dan lain sebagainya.

5.    Mempunyai Riwayat Trauma (Pernah disikati sebelumnya)
Dan alasan selanjutnya yaitu trauma. Trauma terhadap hubungan sebelumnya yang membuat dia tidak ingin berpacaran lagi, dan memutuskan mencari pasangan hidup yang bisa diajak langsung ke jenjang pernikahan

6.    Belum Siap Pacaran


Dan Masih banyak lagi, karena setiap orang memiliki alasan masing-masing mengapa dia memilih untuk sendiri atau tidak berpacaran. Jadi jangan pernah menganggap orang yang sudah dewasa tetapi masih sendiri itu tidak laku, mungkin dia masih mempunyai tujuan hidup yang masih ingin dia capai, atau bahkan dia masih memperbaiki dirinya untuk mendapatkan pasangan hidup yang lebih baik. Karena percayalah laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik pula dan begitupun sebaliknya. (Baca : Menanti Jodoh Yang Tak Kunjung Datang)


Artikel Terkait

No comments: