Thursday 30 March 2017

Pengertian, Pelaksanaan, Ketentuan, Lafadz niat dan Do'a Shalat Sunat Wudlu

1.    Pengertian Shalat Sunat Wudlu
Shalat Sunat Wudlu ialah shalat sunat yang dilakukan setiap kali selesai berwudhu.

2.    Pelaksanaan Shalat Sunat Wudlu
Shalat Sunat Wudlu dilakukan dua rokaat dan diushakan dilaksanakan langsung setelah wudhu artinya tidak terlalu lama rentan waktu antara wudhu dan Shalat Sunat Wudlu, bahkan lebih utama ketika masih basah dengan air wudhu.  (Baca : Panduan Shalat Sunat Ihrom)

3.    Ketentuan Shalat Sunat Wudlu
Pada rokaat pertama setelah membaca Al-fatihah, lalu membaca surat annisa ayat 64, kemudian membaca istigfar 3X dan membaca surat Al kafirun 1X.

Sedangkan pada rokaat kedua setelah Al-Fatihah, lalu membaca surat Annisa ayat 110, kemudian istigfar 3X dan membaca surat Al Ikhlas 1X.  (Baca : Panduan Shalat Sunat Hajat)

Surat Annisa ayat 64 :


 
Artinya : “ dan sesungguhnya sendainya mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon kepada Allah dan Rosulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah yang maha penerima taubat dan maha penyayang”.

Surat Annisa ayat 110 :


Artinya : “Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan atau menganiaya dirinya, kemudiam ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah maha pengampun dan maha penyayang.

4.    Lafadz Shalat Sunat Wudlu


Artinya : “Saya niat shalat sunat wudhu dua rokaat karena Allah”. 

5.    Do’a  Setelah Shalat Sunat Wudlu

Setelah selesai sholat sunat wudlu membaca :



























Kemudian diakhiri dengan do’a :


Artinya : “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari sempitnya kehidupan dunia dan sempitnya kehidupan di hari kiamat”.

Sumber : Buku Panduan Lengkap Shalat Sunnat Pondok Pesantren ALHUDA Kota Baru Karawang Jabar


Artikel Terkait

No comments: