Thursday 20 April 2017

Tertarik Jadi Paskibraka, Simak tips lolos Seleksi Paskibraka


    Bagi seorang anggota paskibra pasti menjadi seorang paskibraka adalah hal yang diingin-inginkan, tapi menjadi seorang anggota paskibraka itu tidak mudah karena harus melewati beberapa tahap seleksi, mulai dari seleksi ditingkat sekolah, tingkap kabupaten, dan untuk seorang paskibraka tingkat nasional harus melewati tes tingkat provinsi dulu baru sampai ke tingkat nasional.

 Saya adalah anggota Paskibraka Kab karawang tahun 2011, jadi saya gak ngalamin tes ditingkat provinsi apalagi nasional (hehe), karena tinggi badannya pas-pasan 160 cm kalo disekolah paling tinggi eh pas di kabupaten paling belakang walaupun ga belakang-belakang banget sih (hahaha) tapi tetep aja judulnya baris di bagian belakang.

Tapi untuk menjadi Paskibraka ditingkat kabupaten pun tidak mudah karena harus melewati setidaknya 2 tahap tes seleksi, pertama seleksi ditingkat sekolah mulai dari pbb, tinggi badan kemudian tes yang kedua yaitu tes ditingkat kabupaten, untuk tes ditingkat kabupaten juga dibagi menjadi 4 tahapan tes yaitu :

1.Tes Tinggi badan, ilmu pengetahuan dan tes bakat
Pada tahap tes pertama ini ada ketentuan pertama tes tinggi badan untuk wanita minimal 160 cm dan untuk laki-laki 165 cm, kemudian setelah tes tinggi badan dilanjutkan dengan tes pengetahuan dalam hal ini tes mengenai sejarah kabupaten karawang, kemudian dilanjutkan dengan tes bakat.

2.Tes Fisik
Untuk tahap tes kedua ada 3 macam tes fisik yaitu lari, shitup dan pushup. Untuk lari kita dikasih waktu 8 menit untuk mengelilingi stadion (dalam tes ini di stadion singa perbangsa karawang) dan dalam waktu 8 menit tersebut kita harus mendapatkan putaran  sebanyak-banyaknya. Pada waktu itu saya berhasil mengelilingi 2 atau 3 setengah gitu saya lupa (hehe maklum udah 6 Tahun yang lalu). Setelah tes lari kemudian dilanjutkan dengan shitup dan pushup sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan (untuk menitnya lupa hehe)

3.Tes Kesehatan
Setelah tes fisik kemudian dilanjutkan dengan tes kesehatan, dimulai dengan detak jantung, tensi darah dan lain sebagainya.
Pelaksanaan tes ke 2 dan 3 dilaksanakan dalam jangka waktu 1 hari pagi sampai sore, dan pada sorenya langsung diumumkan siapa aja yang lolos. Dan untuk peserta yang lolos akan diseleksi kembali untuk tes bakat.

4.Tes bakat
Jadi untuk teman-teman yang mau jadi paskibraka pastikan dahulu bakat yang kalian kuasai untuk kalian tampilkan pada saat seleksi menjadi anggota paskibraka. Karena selain seleksi Tes Tinggi badan, ilmu pengetahuan dan tes bakat pada tahap pertama, tes fisik, tes kesehatan, tes bakatpun menjadi salah satu penentu kalian diterima atau tidak menjadi seorang paskibraka.

Ok itu adalah tahapan-tahapan seleksi untuk menjadi anggota paskibraka, tapi setelah kamu keterima menjadi seorang paskibraka kamu jangan seneng dulu karena tantangan yang lebih menantang ada didepan mata setelah kamu keterima jadi anggota paskibraka dimana kamu harus latihan setiap minggu, setiap tanggal merah dari mulai kamu keterima seleksi sampai pada hari H yaitu tanggal 17 agustus.

Latihan setiap minggu, gak ada libur bahkan ada tanggal merah selain hari minggupun disuruh latihan itu bukan hal yang mudah, karena kamu butuh pengorbanan dari mulai waktu, tenaga, dan juga materi. Karena untuk latihan ke kabupaten itu butuh ongkos terlebih aku yang asli orang subang setiap kali latihan harus naik angkot 3 kali berapa biaya yang harus dikeluarkan tiap harinya (ga keitunglah hahaha) dimana jam 6 atau jam 7 pagi harus sudah ada dilokasi berangkat dari rumah jam 4 pagi, belum lagi jika lelah sudah bersarang didalam tubuh (bersarang lebah kali ah) rasanya gak mau latihan, tapi seketika juga ingat kalo lebih dari 2 kali ga latihan akan dikeluarkan, kan sayang udah susah-susah tes eh ditengah jalan dikeluarin kan nyesek.

Ok itu adalah pengalaman saya menjadi seorang paskibraka semoga bisa menginspirasi dan bisa jadi bahan motivasi untuk teman-teman yang tertarik menjadi seorang paskibraka. Semoga bermanfaat. (Baca Suka Duka Menjadi Asisten Dosen)


Artikel Terkait

No comments: