Thursday 30 March 2017

Panduan Lengkap Shalat Sunat Tahajud

1.    Pengertian Shalat Sunat Tahajud (Qiyamullail)
Sholat Sunat Tahajud adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu lewat dari seperdua malam dan orang yang akan melaksanakan shalat ini sudah tidur walaupun sebentar, dan waktu pelaksanaannya hingga terbit fajar atau menjelang subuh. (Baca : Panduan Shalat Sunat Dhuha)

2.    Ketentuan Shalat Sunat Tahajud
Bilangan rakaat shalat ini tidak terbatas, sedikitnya dua rakaat. Namun seringkali dilaksanakan 8 hingga 10 rakaat. Bagi yang melaksanakan shalat ini 8 rakaat, maka melaksanakan shalat witirnya 3 rakaat dengan satu kali salam. Sedangkan yang melaksanakan 10 rakaat shalat witirnya 1 rakaat langsung salam. (Baca : Panduan Shalat Sunat Hajat)

Nabi Muhammad SAW bersabda :


Artinya :
                 “Paling utama shalat sunat setelah shalat Fardu ialah shalat tengah malam”.


Artinya :

    “Hendaklah kamu sekalian mengerjakan shalat di malam hari, karena itu merupakan kebiasaan orang-orang shalel sebelum kamu, merupakan jalan taqorub untuk kamj, jadi penghapus kejelekan, mencegah dari dosa dan mengusir penyakit dari badan”.

3.    Lapadz Niat Shalat Tahajud

Artinya :
           “Saya niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”.

  Setelah selesai melaksanakan shalat tahajud hendaklah memperbanyak membaca istigfar, dzikir dan berdo’a,  meminta kepada ALLAH SWT apa saja yang kita nginkan dengan harapan mudah-mudahan ketika kita berdo’a bertepatan dengan “Sa’atul ijabah”  yaitu suatu waktu pada malam hari yang dirahasiakan oleh Allah SWT keberadaannya, apabila kita berdo’a bertepatan dengan dengan “Sa’atul ijabah” niscaya Allah SWT mengabulkan permohonan kita.

Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :

Artinya :

   “ Sesungguhnya di waktu malam ada satu waktu, tidaklah seorang muslim menepati waktu tersebut ia memohon kepada Allah SWTkebaikan dunia dan akhirat kecuali Allah SWT akan memberinya, dan itu ada disetiap malam”. (H.R. Imam Muslim)

Lafadz Istighfar
ASTAGFIRULLAHAL ‘AZIM WA ATUBU ILAYH.

Artinya : “ Kami memohon ampun kepada Allah yang maha agung dan akupun bertaubat kepadanya”.


4.    Do’a Sholat Tahajud



Salah satu do’a yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW setelah shalat tahajud ialah :
Artinya :

     “Ya Allah, bagimu segala puji, engkaulah yang memelihara langit dan bumi dan seisinya, bagimu segala puji engkaulah yang menguasai langit dan bumi dan seisinya, bagimu segala puji engkaulah yang memberi cahaya  langit dan bumi, dan bagimu segala puji Engkau adalah haq janji-MU adalah benar, berjuma dengan-Mu adalah benar, firman Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para Nabi adalah benar, Nabi Muhammad SAW adalah benar dan hari kiamat juga adalah benar.

      Ya Allah kepadaMu aku berserah diri, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku kembali, kepadaMu aku tawakkal, kepadaMu aku mengadu dan kepadaMu aku beriman. Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah aku lakukan yang belum aku lakukan, yang aku sembunyikan dan aku perlihatkan, Engkaulah Tuhan yang awal dan yang akhir, tidak ada Tuhan melainkan Engkau”.

(Baca : Panduan Shalat Sunat Tasbih)


Sumber : Buku Panduan Lengkap Shalat Sunnat Pondok Pesantren ALHUDA Kota Baru Karawang Jabar dan Buku Do'a dan Amalan di Bulan Ramadhan

Artikel Terkait

No comments: