Thursday 30 March 2017

Panduan Lengkap Shalat Sunat Dhuha, Tata Cara, Lafadz Niat dan Do'a Shalat Sunat Dhuha

1.    Pengertian Shalat Sunat Dhuha
Shalat Sunat Dhuha ialah shalat sunat yang dilakukan di pagi hari yaitu setelah terbit matahari kira-kira ukuran satu tumbak sampai sebelum datangnya waktu shalat dzuhur yaitu dimulai pada saat matahari naik setinggi (kurang lebih) 07.15-07-30 atau 2 jam 10 menit dari waktu subuh) hingga matahari tergelincir menandakan waktu dzuhur masuk. Baca Panduan Slahat Awwabin (Shalat Untuk Menjaga Keimanan).
 
“Shalat dhuha dilakukan apabila anak-anak unta telah merasakan kepanasan (karena tersengat matahari)”.(HR Muslim) 
 
  Shalat Sunat Dhuha merupakan salah satu dari sekian banyak shalat sunat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammdas S.A.W.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abi Hurairah r.a :



2.    Cara Melaksanakan Shalat Dhuha
Cara mengerjakan shalat dhuha adalah sama seperti shalat sunat yang lain, yaitu dua rakaat satu salam, dengan bacaan pelan, tidak nyaring,  serta tidak di kerjakan dengan cara berjamaah.

Shalat ini boleh dilakukan 2 rokaat atau lebih, dan umumnya dikerjakan antara 2 sampai 12 rokaat. Pada rakaat pertama dianjurkan membaca surat Asy-Syams (QS. 92), sedangkan rokaat kedua membaca surat Adh-Dhuha (Qs. 93).


3.    Lafadz Niat Sholat Sunat Dhuha


Artinya :
    “Saya niat sholat dhuha 2 rokaat karena Allah”.

4.    Do’a Setelah Sholat Dhuha



Artinya :
  “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah waktu dhuhu  Mu, dan keagungan juga keagungan-MU, dan keindahan adalah keindahan-Mu, dan kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, dan pemeliharaan pemeliharaan-Mu, Ya Allah seandaynya rizki ku ada dilangit maka turunkanlah, dan seandaynya rizki ku ada di bumi maka keluarkanlah, dan seandainya itu sulat maka mudahkanlah, dan seandainya haram maka sucikanlah dan seandainya jauh maka dekatkanlah, dengan kebenaran waktu dhuha-Mu, dan kekuasaan-Mu, berilah aku apa yang telah engkau berikan kepada hamba-hambamu yang shaleh”.

Sumber : Buku Panduan Lengkap Shalat Sunnat Pondok Pesantren ALHUDA Kota Baru Karawang Jabar dan buku Do’a dan Amalan

Artikel Terkait

No comments: